Uncategorized

Inilah Beberapa Syarat Pendaftaran Sipir 2021 Lulusan SMA

Pinterest LinkedIn Tumblr

Inilah Beberapa Syarat Pendaftaran Sipir 2021 Lulusan SMA. Bagi kalian para lulusan SMA yang ingin bekerja sebagai PNS, kalian bisa mencoba untuk menjadi sipir penjara. Pasti kalian tidak asing dengan pekerjaan ini karena di setiap penjara pasti ada sipirnya. Tetapi, pekerjaan ini sangat jarang banyak kaum muda Indonesia minati. Banyak anak muda Indonesia ingin menjadi PNS di formasi lain seperti guru atau petugas administrasi tingkat Kecamatan dan lainnya. Nah, bila kalian berminat, silakan simak syarat pendaftaran Sipir 2021.

Di bawah ini terdapat uraian mengenai beberapa syarat untuk mendaftar sebaai Sipir penjara di bawah Kemenkumham. Ingat, ini hanya uraian dari beberapa persyaratan yang ada, ya bukan syarat seutuhnya. Untuk selengkapnya, kalian bisa cek di undang – undang yang membahas mengenai Sipir Penjara ini. Perhatikan juga artikel terkait game android terbaik 2020 ini ya.

Inilah Syarat Pendaftaran Sipir 2021 Lulusan SMA di Kemenkumham

Syarat pendaftaran Sipir 2021 Lulusan SMA

Syarat Pendaftaran Sipir 2021 Lulusan SMA dalam Bidang Fisik

Nah, bagi kalian yang ingin menjadi anggota Sipir penjara, wajib hukumnya untuk bebas dari ketergantungan narkotika dan obat – obatan terlarang. Hal ini harus dibuktikan dengan surat keterangan bebas NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat tempat asal kalian. Dan pastikan bahwa surat tersebut masih berlaku. Karena hal ini bersifat wajib.

Untuk urusan tato, pelamar pria maupun wanit tidak boleh memilikinya. Begitu juga dengan tindik atau bekas tindik. Bagi wanita, diperbolehkan memiliki tindik atau anting – anting maupun bekasnya. Itupun hanya diperbolehkan pada bagian telinga. Meskipun begitu, tetap ada pengecualian bila bekas tindik atau tato tersebut merupakan ketentuan agama dan / atau adat masing – masing pelamar.

Bila berbicara soal tinggi badan, agaknya tinggi badan memang diwajibkan bagi para pelamar pekerjaan pelayanan terhadap negara dan masyarakat. Untuk Sipir, seorang pelamar pria wajib memiliki tinggi minimal 165 cm dan untuk pelamar wanita 160 cm.

Baca juga  Cara Mudah Setting Online CCTV Hikvision berbagai Device

Status Sebagai Warga Negara Indonesia Juga Tersorot pada Pendaftaran Sipir Penjara

Lantas, untuk status kewarganegaraan pun juga kalian perhatikan. Kalian tidak boleh memiliki dobel kewarganegaraan. Kalian harus berstatus sebagai WNI sesuai dengan Pancasila dan taat pada undang – undang yang berlaku di Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia pun juga tidak boleh memiliki Riwayat melakukan tindak pidana dan mendapat hukuman pidana dari pengadilan. Jaga tingkah laku kalian tetap baik bila ingin menjadi anggota Sipir Penjara.

Bagaimana dengan Riwayat pekerjaan? Kalian para pelamar tidak boleh memiliki Riwayat pernah mengalami pemecatan (entah dengan hormat atau tidak hormat) atau mengundurkan dari formasi PNS, TNI atau Polri, Pegawai BUMN atau BUMD. Selain itu, kalian tidak pernah mengalami pemecatan secara tidak hormat pada perusahaan swasta tempat kalian pernah bekerja dulu.

Sipir Penjara pun tidak boleh memiliki pekerjaan double. Maksudnya  Sipir penjara tidak boleh memiliki kedudukan sebagai CPNS di formasi lain, TNI, POlri atau siswa sekolah ikatan dinas pemerintah. Selain itu juga tidak boleh menjadi anggota pengurus partai atau bahkan terlibat politik praktis, seperti mencalonkan diri sebagai seorang pejabat di bawah naungan partai politik.

Pendidikan Terakhir dan Usia Minimal CPNS dalam Formasi Sipir Penjara

Lalu, bagaimana dengan Pendidikan terakhir? Pendidikan terakhir juga perlu Kalian perhatikan karena minimal Pendidikan para pelamar adalah SLTA sederajat, entah itu dari luar negeri atau dalam negeri. Untuk Ijazah SLTA luar negeri, ijazah tersebut harus sudah tersetarakan oleh Kemendikbud – Ristek. Dan untuk SLTA dalam negeri harus sudah terdaftar di Kemendikbud – Ristek atau Kementerian Agama. Perhatikan juga artikel menarik tentang membuat toko online wordpress ini ya.

Dalam Syarat pendaftaran Sipir 2021 Lulusan SMA, kalian harus berumur minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun. Hal ini untuk memenuhi persyaratan untuk lulusan SLTA Sederajat.