Kerja

Pilih Sipir Penjara atau Polisi (Polri)

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bloghobi.com – Sebelumnya saya telah menuliskan tentang fakta sipir penjara yang jarang masyarakat umum ketahui. Nah, kali ini saya akan update tentang perbedaan antara Polisi (Polri) pada umumnya dengan Sipir Penjara (Polisi Khusus Pemasayarakatan.

Kelembagaan

Polisi Umum yang biasa kita temui berseragam coklat merupakan Institusi yang dipimpim oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan jabatannya langsung dibawah Presiden dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sedangkan Sipir Penjara merupakan Institusi pemerintah dibawah Ditjenpas (Direktorat Jenderal Pemasyarakatan) yang merupakan bagian dari Kementerian Hukum dan HAM, dimana dipimpin oleh pejabat Eselon I (Direktur Jenderal Pemasyarakatan) yang bertanggungjawab hanya sampai ditingkat Menteri Hukum dan HAM.

Wewenang

Polisi (Polri) memiliki wewenang untuk melakukan penahanan kepada orang-orang yang dianggap/disangka melanggar hukum dengan memiliki Sprinthan (Surat Perintah Penahanan), sedangkan Sipir Penjara tidak memiliki wewenang untuk melakukan penahanan. Tetapi, Sipir penjara mempunyai wewenang untuk melakukan pengawasan dan pembinaan kepada orang-orang yang ditahan.

Tugas dan Fungsi

Tugas utama Polisi (Polri) adalah menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan Masyarakat umum, pada prakteknya yang paling sering kita rasakan ketika anggota Polri melakukan penertiban lalu lintas. Sedangkan Tugas Sipir Penjara Menjaga dan Memelihara keamanan yang terbatas pada area Lapas/Rutan. Selain itu Sipir Penjara mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan program pemasyarakatan, melakukan perawatan, pembinaan, pengawasan kepada Tahanan/Narapidana yang ada di dalam Rutan/Lapas.

Kepegawaian dan Kepangkatan

Jelas, Polisi (Polri) merupakan anggota Kepolisian Republik Indonesia yang berbeda dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya dengan menggunakan sistem kepangkatan mulai Tamtama hingga Perwira Tinggi. Sedangkan Sipir Penjara merupakan ASN dan sistem kepangkatannya mengikuti sistem ASN pada umumnya mulai dari Pengatur Muda (IIa) hingga Pembina Utama (IVe).

Baca juga  Jam Kerja Sipir Penjara

Penutup

Dengan memperhatikan penjelasan diatas, maka jika ada kesempatan kamu pilih masuk mana? sebagai anggota Polri dengan seragam coklat atau Sipir Penjara dengan seragam Biru Muda.

Write A Comment