Uncategorized

Sipir Adalah 1 Pekerjaan dengan Golongan PNS, Intip Potensi dan Pengertiannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ya, seperti yang sudah tertera di judul, Sipir adalah pekerjaan dengan golongan PNS. Tetapi, apakah hanya itu saja? Tidak. Perlu kalian ketahui bahwa sipir adalah petugas penjaga penjara atau lapas (Lembaga Pemasyarakatan). Pekerjaan ini memang sangat kurang populer di kalangan anak muda, tetapi bukan berarti pekerjaan tersebut tidak memiliki potensi yang besar. Nah, bagi kalian yang ingin bekerja untuk negara dan syarat melamarnya tidak terlalu berat, barangkali menjadi sipir penjara bisa kalian coba.

Sipir merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Pekerjaan ini juga masuk ke dalam golonagn PNS yang mana tentunya akan mendapatkan gaji serta tunjangan dari negara. PNS ini berada di bawah naungan Kemenkumham atau Kementrin Hukum dan HAM dan dalam urusan jenjang karir, sipir penjara termasuk pekerjaan dengan jenjang karir yang terarah. simak juga Tema WordPress User Generated Content

Syaratnya pun juga tidak terlalu sulit. Kalian yang baru lulus SMA atau sederajat bisa masuk dengan gaji dan tunjangan yang menarik. Dilansir dari laman situs bkd.kamparkab.go.id, kalian akan mengetahui fakta – fakta menarik seputar gaji sipir penjara di Indonesia ini. Penasaran?

Sipir adalah Pekerjaan Dengan Syarat Minimal Pendidikan adalah SMA

Bagi kalian yang memiliki ijazah SMA dan berminat pada pekerjaan sipir ini, kalian perlu mengikuti proses seleksai CPNS untuk formasi Sipir.

Adapun urutannya adalah melakukan pendaftaran saat pembukaan CPNS, seleksi berkas, ujian dan beberapa tahapan lain yang bisa jadi kalian akan hadapi. Dan karena adanya pandemi di tahun ini, seleksi – seleksi tersebut akan terlaksanan secara online melalui portal yang terintegrasi.

Bila dinyatakan lolos, lulusan SMA akan masuk PNS golongan II dan golongan III untuk lulusan S1.

Baca juga  Berbagai Tanda Kepangkatan Sipir yang Perlu Anda Ketahui

Golongan menentukan Banyaknya Jumlah Gaji Sipir

Seperti PNS pada umunya, golongan dan lama masa kerja akan menentukan jumlah gaji yang akan sipir terima. Bila kalian merupakan sipir dnegan modal ijazah SMA atau sederajat dan masuk pada golongan II, kalian bakal mendapat gaji dengan angka berkisar 2 hingga 3 juta, bergantung pada jenjang yang kalian peroleh.

Berikut ini rincian gaji yang akan didapat oleh para sipir berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia

Sipir dengan golongan IIa: berkisar antara Rp 2.022.200 hingga Rp 3.373.600

Penjaga Penjara golongan IIb: berkisar antara Rp 2.208.400 hingga Rp 3.516.300

Sipir penjara golongan IIc: berkisar antara Rp 2.301.800 hingga Rp 3.665.000

Penjaga lapas golongan IId: berkisar antara Rp 2.399.200 hingga Rp 3.820.000

Nah, bagi kalian yang merupakan sipir lapas yang masih berstatus sebagai CPNS dengan masa kerja belum mencapai setahun, bakal menerima gaji sebesar 80 persen dari gaji pokok berdasarkan golongannya yang sudah tertera di atas.

Tunjangan yang Bakal Sipir Terima

Jumlah tunjangan yang akan kalian terima sebagai sipir sudah ada aturannya yaitu dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM dengan Nomor 33 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan  Kinerja bagi Menteri dan Pegawai pada Lingkungan Kemenkumham.

Berdasarkan peraturan tersebut, tunjangan yang akan sipir terima adalah salah satunya merupakan tunjangan kinerja yang berdasarkan pada kelas jabatan di Kemenkumham. Sipir masuk ke dalam kelas jabatan 5 dengan tunjangan kinerja dengan jumkah sebesar Rp. 3.134.250,00. simak juga tentang Game Android Terbaik 2020

Bila sudah masuk ke dalam status PNS, para sipir akan berhak menerima tunjangan tambahan. Di antaranya adalah tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, tunjangan perwakilan, tunjangan bagi anak dan tunjangan kemahalan serta uang untuk makan. Dengan ini, kalian bisa mengetahui bahwa sipir adalah pekerjaan yang bisa kalian pertimbangkan bila kalian ingin masuk ke jajaran PNS.