Internet

Berikut adalah Beberapa Jenis Seragam Sipir Lapas Menurut Kegunaannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seorang sipir lapas atau sipir penjara tentu memiliki berbagai bentuk dan tampilan pakaian yang perlu sesuai dengan tujuan dan kegiatannya. Untuk itu, silakan Anda menyimak artikel ini tentang beberapa jenis seragam sipir lapas.

Ada beberapa jenis seragam yang seorang sipir lapas kenakan. Itu berdasarkan jenis kelamin dan tujuan kegiatannya. Informasi lengkapnya adalah sebagai berikut. Perhatikan juga artikel terkait syarat pendaftaran sipir 2021 ini ya.

Beberapa Jenis Seragam Sipir Lapas

seragam sipir lapas
seragam sipir lapas

Seragam Sipir Penjara Pakaian Dinas Upacara I

Untuk pakaian dinas upacara, dibedakan untuk laki-laki dan perempuan serta perempuan berhijab. Yaitu pada bagian atasan terdapat tutup kepala dengan lis dan hiasanya pada klep sesuai golongan kepangkatan. Selain itu, ada pula warna yang sudah ditentukan, yaitu warna biru tua. Bagi wanita yang berhijab, hijabnya haruslah warna biru tua juga agar serasi dengan pakaian keseluruhannya.

Pada pakaian penutup badan, terdapat jas yang mana secara garis besar adalah berwarna biru tua juga. Jas tersebut haruslah lengan panjang. Begitu pula dengan kemeja yang di dalamnya, warnanya harus biru muda dan memiliki lengan yang panjang.

Ada pula perlengkapan lain yaitu berupa dasi berwarna biru tua dan juga sabuk kecil dengan warna dasar hitam polos. Untuk bawahan, tentu saja seorang sipir laki-laki mengenakan celana panjang dan untuk perempuan yang tidak berhijab mengenakan rok pendek di bawah lutut. Bila seorang petugas sipir merupakan wanita berhijab, bawahannya haruslah rok panjang. Kesemuanya berwarna biru tua.

Pakaian untuk Sipir Lapas Pakaian Dinas Upacara II

Untuk bagian tutup kepala, memang tidak ada bedanya dengan Pakaian Dinas Upacara I, yaitu pet upacara dengan warna biru tua dengan lis dan klep sesuai golongan kepangkatan. Begitu pula dengan petugas sipir yang berhijab.

Baca juga  Ternyata Inilah Jenjang Karir Sipir Di Indonesia, Terdapat 4

Untuk penutup badan, ada jas yang harus berwarna biru muda. Untuk laki-laki, jasnya harus memiliki kerah berdiri atau skoder. Lidah Pundak satu kancing logam kecil dan juga kerah tidur dan ukuran lengannya haruslah pendek, tidak seperti lengan jas Pakaian Dinas Upacara I.

Untuk wanita tanpa hijab, lengan jasnya juga pendek dengan warna biru muda. Kerahnya merupakan model kerah tidur dengan lidah pundak 1 kancing logam. Dan untuk wanita berhijab, perlu mengenakan jas lengan panjang warna biru muda yang selengkapnya adalah sama seperti petugas sipir lapas wanita tanpa hijab.

Ada pun juga sabuk pada Pakaian Dinas Upacara II menggunakan bahan kain yang melingkar pada jas pakaian dinas. Untuk bawahan, laki-laki menggunakan celana panjang berwarna biru tua, dilengkapi dengan dua saku model miring di bagian samping. Selain itu ada pula kantong belakang model bobok tanpa tutup. Dan untuk wanita tanpa hijab, mengenakan rok pendek warna biru tua di bawah lutut serta bila petugas lapas adalah wanita berhijab mengenakan rok panjang berwarna biru tua. Untuk pakaian bawah wanita, tidak terdapat kantong.

Untuk alas kaki, sipir lapas pria perlu mengenakan sepatu pantofel bertali dengan warna hitam. Kaos kaki yang ia kenakan juga warna hitam. Tetapi bila itu merupakan sipir lapas wanita tanpa hijab, ia perlu mengenakan sepatu pantofel tanpa tali dan berwarna hitam, begitu pula dengan sipir wanita berhijab. Perhatikan juga artikel terkait game android terbaik 2020 ini ya.

Nah, itulah dua jenis seragam sipir lapas, yaitu Pakaian Dinas Upacara I dan II. Terdapat perbedaan pada pria, wanita tidak berhijab dan wanita berhijab. Semoga bermanfaat.