Internet

Panduan Daftar Kartu prakerja.go.id dari Awal hingga Selesai

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bloghobi.com – Kartu prakerja bukan program gajian untuk pengangguran ya, perlu diingat! Program Kartu Prakerja ini merupakan bantuan biaya pelatihan dari pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (kemenko perekonomian) dengan tujuan mengembangkan kompetensi kerja bagi kamu-kamu yang belum kerja dengan usia 18 tahun ke atas wajib baca Panduan Daftar Prakerja di prakerja.go.id dengan Gambar dari Awal hingga Selesai.

Program kartu prakerja ini tidak untuk kamu yang sedang sekolah/kuliah, jadi mahasiswa walaupun udah diatas 18 tahun jangan ikutan daftar, perlu dicatat bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta yang memenuhi syarat.

Waktu Pendaftaran program prakerja ini sudah dibuka mulai kemarin, 11 April 2020 dan kami mencoba melakukan pendaftaran di wesbite prakerja.go.id dari awal hingga selesai, berikut caranya:

Persiapan Daftar di Prakerja.go.id

Sebelum memutuskan untuk mendaftar kartu prakerja, pastikan kamu sudah menyiapkan 4 persyaratan wajib berikut ini,

  • Foto KTP (dibawah 2 MB). Pastikan Foto KTP yang sah dan tentunya KTP kamu sendiri dengan size dibawah 2 MB.
  • Foto Selfie Memegang KTP (dibawah 2 BM). Nah, ini syarat wajib lainnya, kamu diharuskan untuk melakukan foto selfie dengan memegang KTP kamu dengan terlihat jelas dan ukuran dibawah 2 MB.
  • Email Aktif. Pastikan kamu mempunyai email yang aktif dan bisa dibuka, karena nanti link verifikasi akan dikirimkan melalui email.
  • No HP Aktif. Nanti setelah berhasil mendaftar, kamu juga diminta untuk melakukan verifikasi melalui nomor handphone, pastikan nomor handphone yang aktif ya, karena verifikasi akan dikirimkan melalui SMS.

Jika sudah selesai persiapan untuk mendaftar kartu prakerja, saatnya kita meluncur..

Daftar Prakerja di prakerja.go.id

Jangan sampai salah alamat ya, akses langsung situs www.prakerja.go.id, setelah kebuka seperti halaman berikut ini (saya daftar menggunakan handphone), lakukan pendaftaran

Verifikasi Email dari Prakerja.go.id

  • Email. Masukkan alamat email aktif kamu, sekali lagi email yang aktif dan bisa dibuka
  • Password. Buat password yang sulit diketahui orang, gunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka dan karakter khusus dan pastinya kamu mudah mengingatnya.
  • Verifikasi Email Kamu. Setelah selesai, buka segera email kamu dan cek inbox (kotak masuk), jika sudah mendapatkan email dari website Prakerja.go.id segera lakukan konfirmasi pendaftaran kamu melalui email dengan klik “Verifikasi Email Sekarang”
Baca juga  Situs Kece Anak Muda Kekinian Lokal yang GAGAL

Verifikasi KTP (Identitas)

Setelah berhasil melakukan verifikasi email, langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi KTP, caranya sangat mudah, kamu tinggal isikan nomor ID KTP dan tanggal lahir seperi berikut ini,

Setelah selesai verifikasi data KTP, selanjutnya pengisian data sesuai identitas diri (KTP)

Pengisian Data KTP

Setelah selesai melakukan verifikasi KTP, selanjutnya kita diminta untuk melengkapi data sesuai KTP secara lengkap seperti berikut ini,

Panduan Daftar Prakerja di prakerja.go.id dengan Gambar

Isikan data kamu dengan benar, jangan lupa jika alamat saat ini tidak sama dengan alamat di KTP, geser tombol yang bertanda merah seperti diatas. Jika alamat kamu saat ini sama dengan KTP lewatkan saja. Pada tahap ini kamu diharuskan upload foto KTP dan foto selfie bersama KTP, pastikan fotonya jelas dan ukurannya dibawah 2 MB.

Verifikasi No Handphone

Selanjutnya, jika sudah melengkapi semua data kamu dengan benar, kamu wajib melakukan verifikasi nomor handphone, awalnya saya coba provider selain telkomsel sebanyak 2x, tapi nomor verifikasinya gak masuk-masuk melalui SMS. Akhirnya, saya coba menggunakan nomor Telkomsel dan kode verifikasinya berhasil masuk.

Sudah selesai? belum bro! lanjutkan ke tahap berikutnya,

Pernyataan tidak kerja

Karna program ini namanya pra kerja dan gratis, artinya bagi yang belum kerja aja yang bisa daftar dan pernyataan tersebut wajib kamu isi setelah selesai verifikasi nomor handphone. berikut gambar 2 pernyataan yang harus kamu isi,

Setelah bemengikuti Panduan Daftar Kartu prakerja.go.id dari Awal hingga Selesai dan kamu berhasil, ada beberapa informasi yang wajib kamu ketahui.

Jumlah Duit Pra Kerja

Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, untuk anggaran tahun 2020 kamu akan menerima bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000. Selain itu, kamu akan mendapatkan Uang Insentif dari program ini yang terdiri dari 2 bagian:

  1. Insentif Pelatihan Rp2.400.000, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000,- / bulan (selama 4 bulan)
  2. Insentif Survei Keberkerjaan Rp150.000, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000/survei (akan ada 3 survei)

Kalau di total, jadinya Rp3.550.000

Untuk sementara, segitu dulu informasi tentang Panduan Daftar Kartu prakerja.go.id dari Awal hingga Selesai, semoga bermanfaat.

1 Comment

  1. Indra budi Reply

    Susah banget daftarnya, terus itu duitnya bukan cash tapi utk pelatihan ya katanya?

Write A Comment