Blogging

4 Cara Membuat Toko Online dengan WordPress modal Minim

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika kamu punya produk dan ingin menjualnya secara online, tentu kamu membutuhkan toko online, masalahnya sekarang ini jasa pembuatan Toko Online cukup mahal. Padahal, jika kamu memahami sedikit saja cara instalasi WordPress, membeli domain dan hosting maka kamu akan menemukan rahasia Cara Membuat Toko Online dengan WordPress modal Minim.

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress modal Minim

Apa benar bisa dilakukan? kira-kira berapa modal yang dibutuhkan untuk membuat toko online sendiri dengan skala kecil menggunakan WordPress dan plugin-plugin gratisnya?

4 Syarat Cara Mudah Membuat Toko Online WordPress yang harus dipenuhi,

  1. Membeli Domain. Harganya rata-rata berkisar antara 125.000-135.000 (tergantung pada penyedia jasa layanan). Domain itu apa? contohnya : tokokamu.com, tokokita.com tergantung pilihan kamu jika masih tersedia.
  2. Membeli Hosting. Harga tergantung space yang kamu beli, mulai dari 100.000-1.000.000 pertahun. Untuk toko online kecil sebaiknya pilih hosting dengan space yang kecil dulu sehingga harganya bisa ditekan. (Baca penyedia hosting murah unlimited disni) atau (pelajari mendapatkan hosting gratis disini). Hosting itu apa? tempat kamu menyimpan file-file toko online nantinya seperti gambar, tulisan dll.
  3. Melakukan instalasi WordPress dan Memasang Plugin Woocommerce, Plugin Ongkos Kirim dll)
  4. Memilih tema yang support Woocommerce (baca list WordPress Theme Gratis disini) atau (kamu bisa menggunakan WordPress Theme Premium orang Indonesia), tersedia Themes yang support Woocommerce. (hanya pilihan)

Jika sudah lengkap 4 syarat diatas, maka kamu bisa membuat toko online sendiri dengan modal yang sangat minim.

Ingat! dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang Instalasi WordPress seperti yang sudah saya jelaskan diawal.

Tetapi, saya tidak mengerti cara instalasi WordPress……..

Tenang saja, ada solusi alternatif bagi kamu yang buta kayu (baca tidak mengerti sama sekali) maka kamu bisa meminta bantuan penyedia Domain atau Hosting untuk menginstalkan WordPress pada domain yang sudah kamu beli.

Baik, kita anggap kamu mengerti Hosting dan Domain dan sudah melakukan pembelian pada penyedia layanan.

Saran saya, belilah domain dan hosting pada 1 penyedia saja, jadi anda tidak perlu repot untuk melakukan setting menghubungkan antara domain dan hosting.

Baca juga  Koleksi Blogger Template Gratis Untuk Lowongan Kerja 2020

Instalasi WordPress melalui Cpanel

Langkah ini sangat mudah, sekali lagi sangat mudah jika kamu mengerti sedikit saja tentang hosting dan domain.

Setelah, kamu membeli hosting dan domain, maka kamu akan mendapatkan email dari penyedia tentang detail login ke control panel hosting kamu.

Selanjutnya, kamu login dan melakukan instalasi WordPress pada domain kamu.

Cari menu Software, terus cari Softacolus Installer (lihat gambar dibawah ini)

Kamu cari dan klik Icon / Tulisan “WordPress” dan lanjutkan dengan meng klik “Install Now” maka akan muncul seperti berikut ini,

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress modal Minim

Lengkapi semuanya dari atas hingga kebawah, mulai dari domain yang kamu pilih, Site Name (Nama Toko Online), Description (deskripsi, misalnya toko baju murah jakarta), Usernama dan Password (untuk login ke toko online yang kamu buat nantinya).

Login ke Toko Online yang sudah dibuat

Setelah selesai melakukan Instalasi, maka selanjutnya kamu login ke Situs Toko Online yang sudah kamu buat menggunakan WordPress tadi, cara loginnya, akses di tokokamu.com/wp-admin (ganti tokokamu.com dengan domain kamu sendiri sesuai yang telah kamu lakukan pada instalasi tadi)

Memasang Plugin untuk Toko Online

Inilah hebatnya WordPress, segala yang kita butuhkan untuk membangun sebuah website sudah tersedia secara gratis, tinggal kita cari dan pilih plugin yang kita butuhkan lalu install plugin tersebut.

Setelah login, pilih menu Plugin dan tambar baru.

4 Plugin Toko Online WordPress

Beberapa plugin yang diperlukan untuk membangun Toko Online menggunakan WordPress,

  1. Plugin WooCommerce, Merupakan Plugin wajib yang harus terpasang pada Situs Toko Online kamu, tanpa Plugin ini toko online kamu akan sulit berjalan sebagai situs toko online
  2. Plugin Ongkir, yang paling populer dengan instalasi terbanyak saat ini “Plugin Ongkos Kirim JNE Tiki Sicepat Wahana J&T POS for Woocommerce” informasinya disini
  3. Plugin Gosend, “WooGosend” Plugin ongkos kirim untuk customer lokal menggunakan Gosend yang di hitung biaya per kilometer. Informasinya disini
  4. Plugin CF7SENDWA atau “Contact Form 7 Send to WhatsApp” yang bisa di integrasikan Check Out melalui Chat WhatsApp. Informasinya disini

Kalau dihitung-hitung biaya total yang anda butuhkan untuk membuat toko online sederhana sekitar 125.000 (domain) + 200.000 (hosting) jadi 350.000 sudah jadi deh! Nggak usah kursus, nggak usah beli 😀

Selamat mencoba!

Write A Comment