Kerja

Berbagai Tanda Kepangkatan Sipir yang Perlu Anda Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa yang tidak kenal dengan istilah sipir? Sipir merupakan pekerja dalam golongan PNS yang bekerja pada lingkungan lapas atau penjara. Dan seperti pekerja pada sebuah intansi pada umumnya, tentunya pekerjaan sipir ini terdapat sistem kepangkatan yang ditandai dengan atribut tertentu.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas atribut tanda Kepangkatan Sipir yang tidak salah untuk kita ketahui. Karena barangkali Anda atau keluarga dan teman Anda ingin menambah ilmu dalam dunia lingkungan Kemenkumham. Bisa jadi pula, Anda ingin bekerja sebagai sipir lapas perlu tentu juga mengetahui hal ini.

Di bawah ini terdapat berbagai tanda pangkat sipir penjara. Meskipun pekerjaan sipir penjara ini tidak begitu populer, tetapi bukan berarti kita tidak perlu mengetahui beberapa hal soal sipir penjara. Dan salah satu pengetahuan tentang sipir lapas ini adalah tanda kepangkatannya. Perhatikan juga artikel terkait seragam sipir lapas ini ya.

Daftar Atribut dan Tanda Kepangkatan Sipir yang Bisa Anda Ketahui

 

Kepangkatan Sipir
Kepangkatan Sipir

Tanda Kepangkatan Sipir untuk Golongan Satu

Golongan satu terbagi menjadi 4 tingkat atau pangkat. Terbagi menjadi 4 di antaranya adalah golongan satu a, b, c, d. Tanda pangkat sipir penjara untuk golongan 1 ini ditandai dengan adanya strip berwarna merah dengan background biru tua.

Strip merah tersebut memilii lebar 0,5 cm. masing-masing tingkat memiliki jumlah strip yang berbeda, beda. Pada golongan 1a hanya ada satu strip. Diteruskan lagi pada golongan 1b terdapat  strip sampai pada golongan 1d memiliki strip merah sebanyak 4 buah.

Tanda Pangkat Sipir untuk Golongan Dua

Nah, dari segi background memang sama saja, yaitu biru tua. Dan juga, pada tanda pangkat untuk sipir penjara golongan dua atau lulusan SMA ini memiliki 4 golongan juga, yaitu golongan 2a hingga 2d.

Baca juga  10 Template CV Modern Gratis Word 2020

Untuk urusan warna, strip yang terdapat pada tanda pangkat sipir penjara golongan 2 berwarna abu perak dengan lebar strip 0,5 cm. dan seperti halnya sipir penjara golongan satu, tiap pangkat memiliki jumlah strip yang berbeda-beda. Golongan 2a hanya ada satu strip. Dan pada golongan 2d terdapat 4 strip.

Tanda Pangkat Sipir Penjara Golongan Tiga

Dari segi background, tanda pangkat yang sipir penjara golongan tiga miliki ini warnanya sama seperti sebelumnya, yaitu berwarna biru tua. dan, dari segi jumlah golongan, pada sipi penjara golongan tiga ini juga terdapat 4 tingkat, yaitu golongan 3a sampai 3d. Hanya saja, tanda pangkat 3d memiliki bentuk yang berbeda dengan 3a sampai 3c.

Bagaimana rupa tanda pangkat sipir penjara golongan 3? Untuk sipir penjara yang masuk ke dalam golongan 3 memiliki strip yang berwarna keemasan. Lebar stripnya pun sama, yaitu 0,5 cm juga. Untuk golongan 3a, hanya ada satu strip emas. Dan pada golongan 3c terdapat 3 strip emas.

Tanda Pangkat Sipir Penjara Golongan 3D dan 4

Secara keseluruhan, bentuk tanda pangkat untuk sipir penjara ini memang sama. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan antara tanda pangkat milik golongan 3d dan 3a sampai 3c. letak perbedaannya adalah bahwa golongan 3d tidak memiliki strip, melainkan perisai segi empas berwarna perak. Perhatikan juga artikel terkait syarat pendaftaran sipir 2021 ini ya.

Begitu pula dengan golongan 4a dan 4b. Tanda pangkat yang dimiliki oleh golongan 4a dan 4d berbentuk perisai segi empat. Dengan jumlah yang bertingkat pula. Bila golongan 3d memiliki 1 perisai, maka 4a dan 4b memiliki 2 dan 3 perisai abu perak. Nah, itulah beberapa tanda Kepangkatan Sipir penjara. Semoga bermanfaat.