Blogging

9 Fast Loading WordPress Theme Rekomendasi dari Profesional

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu baru saja membuat blog WordPress dan sedang mencari Themes Gratis dengan loading super cepat? berikut 9 Fast Loading WordPress Theme Gratis Rekomendasi dari Profesional.

Saya bukan profesional, tetapi saya suka mencoba beberapa WordPress Themes dan membaca rekomendasi dari situs-situs besar yang melakukan review lengkap beberapa WordPress Theme ringan dan sangat cepat yang ada di google.

Sebagian besar Developer Themes pasti mengklaim bahwa karya mereka fast loading, seo friendly, ringan. Tetapi, mari kita test dan uji beberapa themes yang benar-benar “lighweight” menurut profesional.

Percobaan ini tidak 100% scientist, tetapi bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi kamu yang sedang mencari themes ringan dan kencang.

GeneratePress

Gratis | Download

Tema WordPress yang sudah sangat terkenal seantero jagad dengan instalasi aktif (pengguna) mencapai 200.000 lebih.

6 Fast Loading WordPress Theme Gratis

Tampilan tema ini sangat sederhana dan ringan, hasil pengetesan kami ambil langsung dari fresh instalasi WordPress menggunakan tema Generapress dengan menggunakan pingdom. hasilnya?

Ukuran file: 108.4 KB
HTTP requests: 11

Pengaturan pada versi free terbatas, bisa melihat pada gambar diatas, kamu bisa mengatur Layout seperti ukuran lebar blog, pembatas, header dan footer. Selain itu, tersedia juga pengaturan Typography (pengaturan font) dan Color (pengaturan warna dasar).

Sangat cocok untuk blog sederhana yang mengutamakan kecepatan loading.

Zakra Themes

Gratis | Download

Untuk instalasi WordPress baru, Theme Zakra lebih kecil ukurannya dari Generatepress, hanya 96.8 kb.

Aktif instal theme zakra saat ini 40.000+ di WordPress.

Ukuran file: 96.8 KB
HTTP requests: 10

Dari dashboard WordPress Customizer, kita bisa mengatur Header , Single layouts, Warna, Typography (font). Selain itu, tersedia 10+ free demo siap pakai.

Astra Themes

Gratis | Download

Pengguna Astra lebih banyak dari 2 theme sebelumnya, aktif instalasi mencapai 800.000 yang artinya tema ini sangat populer.

Menariknya dari Astra, mereka menyediakan berbagai demo site siap pakai jika kamu nggak punya waktu untuk desain sendiri (sebenarnya sangat mudah). Kamu bisa cek free demo siap import disini

Ukuran file: 174 KB
HTTP requests: 9

Astra lebih banyak pilihan untuk melakukan perubahan desain melalui dashboard WordPress dibandingkan generatepress dan zakra.

OceanWP

Saya pribadi paling favorit dengan OceanWP, karena fitur gratisnya menyediakan lebih banyak pilihan customizer dibandingkan yang lainnya (untuk versi gratis).

Cocok bagi kamu yang senang dengan banyak pilihan desain langsung melalui dashboard WordPress. Saat ini aktif user pengguna OceanWP mencapai 600.000 lebih.

Ukuran File: 625.8KB
HTTP requests: 18

Versi gratis OceanWP saya rasa sudah cukup untuk membangun blog dengan berbagai pilihan tampilan.

Page Builder Framwork

Gratis | Download

Seperti namanya, page builder frame work merupakan tema yang dirancang cocok dengan berbagai Page Builer seperti Elementor, WP Bakery dll.

Baca juga  Situs Referensi Untuk Memilih Hosting Terbaik di Indonesia

Sama seperti halnya OceanWP, versi gratis Page Builder Framework menawarkan customizer yang lebih banyak dibandingkan lainnya.

Ukuran File: 206.8 KB
HTTP requests: 12

Page Builder Framework menjadi tema gratis favorif kedua saya setelah oceanWP karna tersedia banyak pilihan pengaturan dari Dashboard WP. Aktif instalasi pengguna mencapai 10.000.

Neve

Gratis | Download

Neve sejalan dengan page builder framework, lebih mengarah kepada membuat blog menggunakan page builder. Kamu bisa mendesain sendiri blog kamu menggunakan page builder populer seperti Elementor, Brizy, Beaver Builder, Visual Composer, dll.

Ukuran File: 206.0 KB
HTTP requests: 11

Neve merupakan tema buatan themeisle yang juga bagian dari blog terkenal CodeinWP.

Update:

Airi by Athemes

Gratis | Download

Airi merupakan tema WordPress buatan Athemes.com, tidak begitu populer jika dibandingkan dengan tema-tema yang kita bahas sebelumnya.

Tema ini lebih cocok untuk blog bisnis atau freelance.

Ukuran File: 543.6KB
HTTP requests: 19

Walaupun Airi disediakan secara gratis, kamu bisa mendapatkan 5 demo siap import dari Athemes yang dibangun menggunakan elementor.

Theme Tambahan dari Saya

Kalau tadi kita sudah membahas 6 themes WordPress super cepat yang di rekomendasikan oleh profesional, sekarang saya juga punya rekomendasi pribadi.

Sparkling by Colorlib

Gratis | Demo dan Download

Salah satu theme WordPress sederhana yang juga cukup banyak digunakan oleh berbagai Blogger. Aktif instalasi saat ini 40.000+

Kamu bisa menambahkan fitur slider di halaman depan melalui customizer theme. Berikut hasil Pengetesan melalui Pingdom,

Load Times: 307 ms
Http Requests: 87

Tema Sparkling merupakan tema sumber terbuka (open source) dan support woocomerce jika kamu ingin menjual produk pada blog.

Themelia by Relishpress

Gratis | Demo dan Download

Themelia WordPress Theme karya relishpress memiliki fitur yang tidak kalah dengan theme premium.

Pingdom Test
Load Times:
307 ms
Http Requests: 87

Themelia cocok bagi blogger penulis, dengan desain yang bersih dan typography yang menarik membuat pembaca akan betah berlama-lama di blog kamu.

Schema by Mythemeshop

Gratis | Download

Satu lagi tema ringan super cepat yang cukup populer, Schema WordPress Theme buatan Mythemeshop.

9 Fast Loading WordPress Theme Gratis

Tema ini cukup banyak digunakan oleh blogger indonesia, karena fiturnya yang fast loading dan seo friendly.

Hasil tes pingdom
Load time: 386 ms
Http Requests:
41

Saat ini, tema schema versi lite (gratis) sudah di install oleh 4.000+ pengguna WordPress.

WordPress Theme Tercepat

Pemilihan Theme tidak semata-mata karna loading yang cepat dan ringan, tetapi juga di sesuaikan dengan topik blog kamu. Misalnya, blog tentang penulis lebih cocok menggunakan Generatepress atau themelia, blog bisnis cocok menggukanan Astra atau OceanWP.

Intinya,

Memilih tema fast loading sangat penting, sesuaikan juga tema tersebut dengan topik yang akan kamu bahas pada blog. Selain itu, Pemilihan Hosting yang baik juga sangat mempengaruhi kecepatan loading blog kamu.

Write A Comment