Blogging

5 CMS Gratis untuk Membuat Situs Belajar Online Sendiri bagi Guru

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bloghobi.com – Saat ini, ditengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19) di berbagai daerah di Indonesia menuntut Guru untuk pintar dan melek tenkologi, sebenarnya banyak alternatif software / CMS gratis yang bisa digunakan untuk membuat blog, web untuk interaksi belajar online, misalnya google classroom, blogger, wordpress.com dll. Tetapi, menggunakan Manajemen Konten sendiri (CMS Gratis) tentu lebih banyak keunggulannya. Berikut kami berikan 5 CMS Gratis Membuat Situs Belajar Online Sendiri untuk Guru dan siswa agar lebih mudah melaksanakan belajar mengajar semasa work from home.

CMS Gratis Pembelajaran Online

Untuk membuat web blog pembelajaran online ini, anda dapat memanfaatkan hosting dan domain gratis dengan fitur cpanel. Dengan control panel anda dapat dengan mudah melakukan instalasi CMS Pendidikan Gratis dibawah ini.

Moodle

Moodle merupakan Learning Management System gratis paling populer saat ini, bahkan bagi kami sipir penjara menggunakan CMS ini dalam mengikuti E-Learning dari Kemenkumham.

Moodle adalah platform pembelajaran sumber terbuka yang memungkinkan guru, dosen dan tenaga pendidik lainnya untuk membuat pembelajaranonline dan dengan mudah membangun evaluasi kegiatan dengan perangkat lunak yang fleksibel untuk pembelajaran online kolaboratif. Cek fitur lengkap Moodle

ATutor

Posisi kedua CMS ATutor, masih terdengar asing di teling kita, tetapi manajemen sistem gratis ini boleh dicoba karena tampilannya yang sangat sederhan tentu akan memudahkan guru dan siswa dalam berinteraksi secara online.

ATutor Gratis Membuat Situs Belajar Online Sendiri untuk Guru

ATutor adalah Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Web (LMS) berbasis Sumber Terbuka yang digunakan untuk mengembangkan dan memberikan kursus online dari guru kepada siswa. Guru dapat memberikan tugas pembelajaran berbasis web dan melakukan evaluasi secara online. Cek fitur ATutor

Forma LMS

Forma LMS adalah Learning Management System yang digunakan untuk mengelola dan memberikan kursus pelatihan online, tersedia berbagai plugin untuk memperluas fungsionalitas CMS ini.

Baca juga  Hosting Murah Unlimited Indonesia Tahun 2020
Forma LMS CMS Gratis Membuat Situs Belajar Online Sendiri untuk Guru

Didesain khusus untuk kemudahan penggunaan siswa dan guru, dengan tata letak yang modern dan responsif, anda dapat mengelola berbagai materi pelatihan dan buat penilaian secara langsung. Cek Fitur Forma LMS

Gibbon

Gibbon didirikan pada Oktober 2010 sebagai tanggapan terhadap kurangnya platform gratis untuk sekolah-sekolah. Sejak awal, Gibbon dirancang agar fleksibel, dapat diperluas, dan dapat disesuaikan dengan tema, sembari bertujuan membantu para guru untuk melakukan pekerjaan mereka, cek fitur lengkap gibon.

Gibbon CMS Gratis Membuat Situs Belajar Online Sendiri untuk Guru

Awalnya, proyek ini bertujuan untuk menfasilitasi semua sekolah dengan sistem yang mereka butuhkan untuk memberikan pembelajaran, pengajaran dan manajemen sekolah yang efektif. Gibbon dibangun menggunakan PHP dan tersedia di Control Panel Hosting.

eFront

eFront adalah sistem manajemen pembelajaran yang dikembangkan menggunakan PHP yang dibuat untuk membantu guru dalam menciptakan komunitas pembelajaran online. CMS Gratis ini bersifat open source dan memiliki fitur yang mirip dengan Moodle.

eFront CMS Gratis Membuat Situs Belajar Online Sendiri untuk Guru

eFront pertama kali dibuat pada tahun 2001 sebagai prototipe penelitian, anda bisa melihat fitur lengkap eFront disini.

WordPress.org

Sebenarnya, WordPress.org merupakan CMS Gratis yang dikembangkan untuk website / blog, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, WordPress menjadi CMS Gratis terbesar saat ini mencapai 33.5% dari seluruh dunia, diikuti joomla, shopify dll. Kenapa WordPress bisa digunakan untuk sistem belajar mengajar online? karena tersedianya berbagai plugin dan themes gratis untuk mendukung hal tersebut.

Group WA, FB dll

Kalau sulit mempelajari CMS Gratis diatas, anda bisa menggunakan Group Whatsapp, Facebook atau Google Classroom, tetapi penggunaannya hanya sebatas “numpang” karena tidak sepenuhnya dalam kendali kita, selain itu ada hal-hal yang tidak bisa kita dapat sepeti CMS Gratis Open Source diatas seperti mode evaluasi dengan soal acak atau jika anda ingin pembelajaran bersifat diskusi, anda bisa mencoba CMS Forum Modern Gratis yang telah kami bahas sebelumnya.

Selamat belajar mengajar bapak dan ibu guru.

Write A Comment