7 Fakta yang Jarang diketahui Orang tentang Pegawai Penjara

7 Fakta yang Jarang diketahui Orang tentang Pegawai Penjara
foto : IG @ninaindrian
Polsuspas atau Polisis Khusus Pemasyarakatan, ada juga yang memplesetkan dengan Polisi Khusus Pas-Pasan πŸ˜… adalah petugas yang bekerja di Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara yang biasa juga disebut dengan Sipir Penjara.

Nah, selama ini rasa-rasanya image sipir penjara itu jelek dimata masyarakat secara umum, benarkah kenyataannya seperti itu?

Banyak yang menyangka, pegawai penjara itu.....

Pemakai Narkoba...
Penjual Narkoba...
Tukang Pungli...
Tukang Pukul...
Kerja tidur-tiduran...😴

Banyak lagi celaan yang ada dibenak anda ketika bicara pegawai penjara.

Disini penulis akan mengungkap 7 fakta tentang pegawai penjara, mulai dari pekerjaan mereka, kehidupan, aktifitas bersama narapidana dan tahanan...

1. Tidak Kenal Jam Kerja

Nah, ini point pertama. Orang yang hanya mengira-ngira bahwa pegawai penjara itu kerjanya elek-elekan, tidur-tiduran, semua itu salah! Tahukah anda bahwa pegawai penjara kerja secara nyata 24 jam standby, harus siap siaga.

7 Fakta yang Jarang diketahui Orang tentang Pegawai Penjara
Pegawai Penjara saat bertugas : @rutankarimun

Tidak peduli sedang tanggal merah ataupun libur, ketika ada perintah maka langsung siap 86 komandan!

Ada 2 tipe pegawai penjara

Staf Kantor, kerja hampir 12 jam sehari, kok bisa? pagi jam 8 mulai masuk berinteraksi dengan warga binaan, melayani jam kunjungan keluarga warga binaan sampai jam 4 sore, dilanjutkan sore jam 4 terkadang melakukan penggeledahan tahanan-tahanan yang selesai melaksanakan sidang, tahanan baru masuk, registrasi tahanan baru, melakukan berita acara pemeriksaan, dan lain lain...

Regu Jaga, untuk regu jaga tergantung jumlah anggota jaga. Jika anggota jaga tidak sesuai dengan jumlah warga yang harus dijaga, maka regu jaga harus rela kerja 12 jam dengan tipe shift. Bisa dibayangkan mulai masuk kerja jam 08.00 pagi, selesai jam 19.00 malam (shift 1)? dan dilanjutkan shift 2 mulai jam 19.00 dan berakhir kerja jam 08.00 pagi?

2. Resiko Kerja yang tinggi

5 orang petugas jaga harus menjaga, mengawasi, mengatur 350 warga binaan, coba dibuat perbandingan petugas jaga dengan warga binaan yang harus dijaga, 5/350 sama dengan 1 orang petugas jaga harus mengawasi 70 warga binaan!

Tanpa strategi dan pengalaman yang matang sungguh tidak masuk akal... tentu dibantu dengan Do'a petugas setiap pagi sebelum bertugas adalah senjata utama dalam bertugas agar aman dan tertib.

Resiko keselamatan dipertaruhkan disini, nyawa taruhannya...

Selain resiko keselamatan, ada resiko lainnya, yaitu penyakit, dalam penjara berbagai penyakit ada, mulai dari penyakit kulit sampai penyakit menular..πŸ˜‘

3. Kehidupan setengah militer

Fakta dilapangan, kehidupan sipir penjara memang ala-ala militer, bahkan pendidikan kesamaptaan menjadi menu wajib bagi setiap sipir yang aktif bertugas. Wings kesamaptaan akan setia menempel dada kiri setiap petugas penjara.

"Siap komandan, siap pak, siap perintah, siap laksanakan tugas!" adalah kumpulan kalimat yang selalu terdengar di dalam penjara. Ketika ada perintah dari atasna maka harus selalu siap dan siaga.

4. Siap Menjadi Tempat Curhat

Penghuni penjara yang semakin meningkat dan perbandingan yang sangat jauh dengan petugas di lapangan, seperti yang telah saya ungkapkan pada point no.2, tentunya hal ini menyebabkan petugas menjadi tempat curhat dari berbagai jenis manusia yang ada di dalam penjara.

Entah mengapa, mereka para warga binaan akan lebih merasa nyaman jika bercerita kepada petugas dibandingkan dengan warga binaan lainnya.

5. Jauh dari Keluarga

Pada saat masuk sebagai petugas penjara, kamu wajib tandatangan diatas materai siap ditempatkan dimana saja diseluruh Indonesia, untungnya saat ini petugas penjara hanya ditugaskan dalam satu provinsi saja.

Yang sangat miris, ketika seorang sipir penjara ditempatkan di tempat tugas yang jauh dari orang tua, keluarga, bahkan bagi sipir harus siap berpisah dengan anak istri demi tugas 😰

6. Tidak ada kata lebaran bersama orang tua dan keluarga

Justru seorang pegawai penjara, ketika H-7 dan H+7 lebaran harus selalu siaga, tidak diperkenankan untuk mengambil jatah cuti pada hari-hari tersebut.

Saat lebaran, justru mereka para pegawai penjara yang paling sibuk melayani masyarakat, saat hari raya adalah momen paling ramai, bahkan bisa 10x lipat dari hari-hari biasa dimana warga binaan dikunjungi oleh keluarga mereka, disaat orang berlebaran mereka sipir penjara bekerja dengan seragam.

7. Sipir Penjara saudara se-kementerian dengan Petugas Imigrasi

Banyak yang tidak tau kalau petugas penjara adalah saudara kandung petugas imigrasi, dimana seragam mereka sangat mirip (pakaian dinas harian), berwarna biru muda.

Kadang banyak orang salah sangka, petugas imigrasi disangka sipir penjara, begitupun sebaliknya terkadang orang mengira pegawai penjara adalah petugas imigrasi, hal ini diperkuat dengan adanya kesamaan logo Kementerian Hukum dan Ham pada seragam 2 instansi ini πŸ’•

Sekian. Terima kasih komandan 😡

1 Komentar

  1. Nomor 6 sama nomor 7 nih yg saya baru tau...
    Kalau yg lainnya sudah tau krna sering nonton layar lebar yg melibatkan para sipir penjara.
    Terimakasih sudah berbagiπŸ‘

    BalasHapus

Posting Komentar