Asam Manis Menjadi Anggota KPPS Pemilu 2019, Kerja Sampai Jam 01.00 Malam!

KPPS  atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, merupakan petugas yang langsung terjun ke lapangan untuk mengatur jalannya pemungutan suara pada pemilu. Tahun 2019 ane ikut sebagai anggota KPPS di tempat kerja ane, TPS khusus.

Asam Manis Menjadi Anggota KPPS Pemilu 2019, Kerja Sampai Jam 01.00 Malam!
sumber : http://kab-pidie.kpu.go.id
Persiapan tempat, sarana dan prasana dimulai 3 hari sebelum hari H, pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah Negara Indonesia 😎, dimana dalam Pemilu Tahun 2019 ini masyarakat langsung menentukan mencoblos 1-5 surat suara sekaligus.

Mengapa ane menulis pengalaman menjadi anggota KPSS tahun 2019 ini? sebagai catatan bagi diri pribadi, atau orang lain yang mungkin nanti tahun 2024 menjadi anggota KPPS, ane berharap ane gak jadi bagian lagi sebagai anggota KPPS 😒

Oia, anggota KPPS tahun 2019 ini ada 7 orang, 1 ketua, 1 sekretaris dan didampingi oleh 5 orang anggota. Selain itu, tim KPPS juga dibantu oleh 2 orang LINMAS.

1. Persiapan Ruangan, Sarana, Prasarana

Pada tahapan ini pastikan rencana susunan keluar masuk DPT (daftar pemilih tetap) dalam proses pemungutan suara

Pastikan posisi masuk DPT darimana...............
dan keluarnya kemana setelah melakukan pencoblosan kemana.....

Jangan sampai bertabrakan. Buat alur yang jelas.

2. Penempatan Anggota KPPS

Seperti yang sudah ane sampaikan di awal, pastikan posisi masing-masing anggota KPPS, kecuali ketua dan sekretrais, mereka sudah fix berada di dalam ruangan dan 1 meja, tinggal menetukan 5 orang sisa anggota KPPS, dalam buku panduan, 2 di luar sebagai petugas registrasi DPT dan 3 di dalam sebagai 1 pembantu ketua dan sekretaris, 1 penuntun pencoblos memasukkan surat suara yang sudah di coblos kedalam kota suara dan 1 lagi petugas tinta.

denah kpps 2019 sesuai buku panduan kpps 2019
denah kpps 2019 sesuai buku panduan kpps 2019

3. Penulisan Model C1 secara serentak

Selesai pencoblosan tentunya dihitung tuh surat suara yang sudah tercoblos, nak disini kebanyakan panitia KPPS melakukan kekhilafan semuanya fokus pada penghitungan suara pake papan tulis, seharusnya setiap anggota memegang kertas C1 (kecil) untuk menulis hasil perhitungan suara, jadi selesai perhitungan semuanya beres.

4. Istirahat, Shalat, Makan itu Penting

Terkadang anggota KPPS terlalu khawatir kalau pekerjaan akan terlambat selesai sehingga mengabaikan Istiraha, Shalat, Makan.

Padahal istirahat sangat penting untuk merelaksasi otak, mengembalikan fokus yang sempat terkuras. Makan juga tak kalah penting untuk stamina, jangan sampai lemes saat perhitungan surat suara. Shalat dan Do'a yang paling utama, karena pekerjaan yang kita lakukan tidak akan sukses tanpa Ridho dari ALLAH SWT.

5. Selalu Komunikasi dengan Pengawas, Saksi dan Koordinator KPPS

Untuk setiap KPPS, KPU menugaskan 1 orang pengawas yang selalu memantau pekerjaan anggota KPPS, selain itu mereka juga bisa membantu jika ada sesuatu yang mungkin keliru. Saksi jangan diabaikan, ikut sertakan mereka dalam setiap aktifitas selama proses pemungutan suara.

Yang paling penting adalah ketua KPSS harus selalu berkoordinasi kepada koordinator KPPS setempat jika ada sesuatu hal yang tidak dimengerti dalam proses pencoblosan, dokumen-dokumen, sampai pada tahap pergitungan suara.

Sebagai bonus, silahkan download buku panduan KPPS Tahun 2019

3 Komentar

  1. Kita senasib om, kemarin juga jadi anggota kpps, kayaknya emang butuh evaluasi buat pelaksanaan pemilihan berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun masih 5 tahun lagi, paling tidak ini jadi catatan...

      Hapus
  2. saya sebagai penyoblos aja bingung banyak bgt kertas yg harus di coblosss

    BalasHapus

Posting Komentar