Inilah 5 Alasan Utama Saya Hijrah dari Windows 10 ke Linux (Kubuntu)


Inilah 5 Alasan Utama Saya Hijrah dari Windows 10 ke Linux (Kubuntu)
sumber : statcounter

Bloghobi - Windows, Sistem Operasi buatan Om Bill Gates ini memang secara global menguasai 74.44% seluruh komputer dunia menurut data dari Statcounter dan sisanya dibagi ke Sistem Operasi lain seperti OS X, Chrome OS, Linux dan lainnya.

Saya pribadi telah menggunakan Windows sejak dari XP, Vista, 7, 8 dan terakhir Windows 10 bajakan, walaupun dalam hati selalu terjadi pertentangan, bolehkan kita menggunakan Sistem Operasi Microsoft ini secara Illegal?

Ok lah, kita gunakan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk perusahaan (coorporate), kelompok atau organisasi, tetapi tetap saja kita pengguna barang Illegal yang secara hukum dan secara agama tidak boleh (baca : dosa).

Sudah ada yang ngebahas di forum kaskus terkait hal ini, disana trit starternya menjelaskan panjang lebar mengapa kita harus hijrah dari Windows ke Linux, secara ringkas yang telah saya rangkum kesimpulannya berikut ini,

5 Alasan Memilih Linux

  1. Linux Gratis
  2. Linux Opensource
  3. Aman dari Serangan Virus
  4. Stabil dan Cepat (kalau stabil menurut saya pribadi tidak bisa dijadikan alasan utama, karena pada dasarnya Windows juga stabil, tapi kalau Cepat/Ringan menurut saya benar.
  5. Mudah dan User Friendly (ini tergantung usernya sendiri) 
Kalau saya pribadi, ada 1 alasan yang sangat mendorong untuk hijrah dari Windows ke Linux, yaitu LINUX ITU GRATIS, SAYA MERASA DOSA MAKE WINDOWS BAJAKAN DAN SAYA TAKUT JADI DOSA JARIYAH. APALAGI LAPTOPNYA DIPAKE UNTUK NYARI UANG.

Lebih jauh lagi, ketika kita menggunakan Windows OS, sebagian besar Software yang kita gunakan adalah software berbayar yang akhirnya (lagi) kita bajak karena malas beli, karena mahal atau emang gak punya uang untuk membeli. Hukum menggunakan software bajakan bisa ditemukan di situs konsultasisyariah.

Terakhir saya menggunakan Windows 10 bajakan, mungkin karena statusnya yang tidak halal, setiap kali update sistem terbaru selalu mendapatkan masalah Wifi Error yang lumayan susah mencari solusinya. Akhirnya saya hijrah dari Windows 10 ke Linux (awalnya pake Xubuntu dan terakhir betah di Kubuntu).

Sekarang saya sudah resmi menggunakan Kubuntu (kedepannya akan saya review), sejauh ini yang saya rasakan,
  1. Ringan (RAM Usage hanya 500mb-800mb)
  2. Tampilan keren dengan berbagai tema
  3. Loading cepat
  4. Saat instalasi gak perlu install-install driver lagi
  5. Dan yang paling penting GRATIS, seluruh software gratis,
  6. Hati nyaman karena gak ada pertentangan dalam hati menggunakan hak milik orang lain (baca : microsoft) secara illegal
RAM Usage Kubuntu 18.04
Tetapi, jika kamu punya uang, punya dana, punya modal, tidak ada salahnya menggunakan Windows dengan cara membeli 😃

Posting Komentar