Blog Hobi Bermanfaat

Rabu, 10 Juli 2019

7 Fakta yang Jarang diketahui Orang tentang Pegawai Penjara

7 Fakta yang Jarang diketahui Orang tentang Pegawai Penjara
foto : IG @ninaindrian
Polsuspas atau Polisis Khusus Pemasyarakatan, ada juga yang memplesetkan dengan Polisi Khusus Pas-Pasan 😅 adalah petugas yang bekerja di Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara yang biasa juga disebut dengan Sipir Penjara.

Nah, selama ini rasa-rasanya image sipir penjara itu jelek dimata masyarakat secara umum, benarkah kenyataannya seperti itu?

Banyak yang menyangka, pegawai penjara itu.....

Pemakai Narkoba...
Penjual Narkoba...
Tukang Pungli...
Tukang Pukul...
Kerja tidur-tiduran...😴

Banyak lagi celaan yang ada dibenak anda ketika bicara pegawai penjara.

Disini penulis akan mengungkap 7 fakta tentang pegawai penjara, mulai dari pekerjaan mereka, kehidupan, aktifitas bersama narapidana dan tahanan...

1. Tidak Kenal Jam Kerja

Nah, ini point pertama. Orang yang hanya mengira-ngira bahwa pegawai penjara itu kerjanya elek-elekan, tidur-tiduran, semua itu salah! Tahukah anda bahwa pegawai penjara kerja secara nyata 24 jam standby, harus siap siaga.

7 Fakta yang Jarang diketahui Orang tentang Pegawai Penjara
Pegawai Penjara saat bertugas : @rutankarimun

Tidak peduli sedang tanggal merah ataupun libur, ketika ada perintah maka langsung siap 86 komandan!

Ada 2 tipe pegawai penjara

Staf Kantor, kerja hampir 12 jam sehari, kok bisa? pagi jam 8 mulai masuk berinteraksi dengan warga binaan, melayani jam kunjungan keluarga warga binaan sampai jam 4 sore, dilanjutkan sore jam 4 terkadang melakukan penggeledahan tahanan-tahanan yang selesai melaksanakan sidang, tahanan baru masuk, registrasi tahanan baru, melakukan berita acara pemeriksaan, dan lain lain...

Regu Jaga, untuk regu jaga tergantung jumlah anggota jaga. Jika anggota jaga tidak sesuai dengan jumlah warga yang harus dijaga, maka regu jaga harus rela kerja 12 jam dengan tipe shift. Bisa dibayangkan mulai masuk kerja jam 08.00 pagi, selesai jam 19.00 malam (shift 1)? dan dilanjutkan shift 2 mulai jam 19.00 dan berakhir kerja jam 08.00 pagi?

2. Resiko Kerja yang tinggi

5 orang petugas jaga harus menjaga, mengawasi, mengatur 350 warga binaan, coba dibuat perbandingan petugas jaga dengan warga binaan yang harus dijaga, 5/350 sama dengan 1 orang petugas jaga harus mengawasi 70 warga binaan!

Tanpa strategi dan pengalaman yang matang sungguh tidak masuk akal... tentu dibantu dengan Do'a petugas setiap pagi sebelum bertugas adalah senjata utama dalam bertugas agar aman dan tertib.

Resiko keselamatan dipertaruhkan disini, nyawa taruhannya...

Selain resiko keselamatan, ada resiko lainnya, yaitu penyakit, dalam penjara berbagai penyakit ada, mulai dari penyakit kulit sampai penyakit menular..😑

3. Kehidupan setengah militer

Fakta dilapangan, kehidupan sipir penjara memang ala-ala militer, bahkan pendidikan kesamaptaan menjadi menu wajib bagi setiap sipir yang aktif bertugas. Wings kesamaptaan akan setia menempel dada kiri setiap petugas penjara.

"Siap komandan, siap pak, siap perintah, siap laksanakan tugas!" adalah kumpulan kalimat yang selalu terdengar di dalam penjara. Ketika ada perintah dari atasna maka harus selalu siap dan siaga.

4. Siap Menjadi Tempat Curhat

Penghuni penjara yang semakin meningkat dan perbandingan yang sangat jauh dengan petugas di lapangan, seperti yang telah saya ungkapkan pada point no.2, tentunya hal ini menyebabkan petugas menjadi tempat curhat dari berbagai jenis manusia yang ada di dalam penjara.

Entah mengapa, mereka para warga binaan akan lebih merasa nyaman jika bercerita kepada petugas dibandingkan dengan warga binaan lainnya.

5. Jauh dari Keluarga

Pada saat masuk sebagai petugas penjara, kamu wajib tandatangan diatas materai siap ditempatkan dimana saja diseluruh Indonesia, untungnya saat ini petugas penjara hanya ditugaskan dalam satu provinsi saja.

Yang sangat miris, ketika seorang sipir penjara ditempatkan di tempat tugas yang jauh dari orang tua, keluarga, bahkan bagi sipir harus siap berpisah dengan anak istri demi tugas 😰

6. Tidak ada kata lebaran bersama orang tua dan keluarga

Justru seorang pegawai penjara, ketika H-7 dan H+7 lebaran harus selalu siaga, tidak diperkenankan untuk mengambil jatah cuti pada hari-hari tersebut.

Saat lebaran, justru mereka para pegawai penjara yang paling sibuk melayani masyarakat, saat hari raya adalah momen paling ramai, bahkan bisa 10x lipat dari hari-hari biasa dimana warga binaan dikunjungi oleh keluarga mereka, disaat orang berlebaran mereka sipir penjara bekerja dengan seragam.

7. Sipir Penjara saudara se-kementerian dengan Petugas Imigrasi

Banyak yang tidak tau kalau petugas penjara adalah saudara kandung petugas imigrasi, dimana seragam mereka sangat mirip (pakaian dinas harian), berwarna biru muda.

Kadang banyak orang salah sangka, petugas imigrasi disangka sipir penjara, begitupun sebaliknya terkadang orang mengira pegawai penjara adalah petugas imigrasi, hal ini diperkuat dengan adanya kesamaan logo Kementerian Hukum dan Ham pada seragam 2 instansi ini 💕

Sekian. Terima kasih komandan 😵

Senin, 08 Juli 2019

7 Tips Rahasia File Explorer pada Windows 10

Kalau punya komputer, pasti tiap hari kamu buka File Explorer Windows 10 berkali-kali, ratusan kali, bahkan mungkin bisa ribuan, sama seperti ane 😅

Ternyata Windows 10 mempunyai tips rahasia yang jarang diketahui banyak orang, hanya orang-orang tertentu seperti Bill Gates, Ane sendiri dan ente yang sedang baca artikel ini 😆

Baiklah, mari kita mulai 7 Tips Rahasia Windows 10 File Explorer Biar Kerja Lebih Mudah dan Cepat, dijamin!

1. Cara Menghapus Histori File Browsing

File Explorer, secara default, menampilkan daftar file dan folder yang baru saja kita diakses. Memang sih ini berguna, tappiiii kadang kita risih juga mau menghapus riwayat file yang baru kita buka. Jika Anda temen yang pinjem laptop kita atau komputer kantor yang digunakan juga oleh teman kerja dan kita gak ingin mereka mengetahui file kita, berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus riwayat file tersebut.
  1. Buka File Explorer
  2. Pilih Menu View dan Cari menu Change folder and search options“.
  3. Pada General tab dan bagian Privacy pastikan kondisi “Show recently used files in Quick access” dan “Show frequently used folders in Quick access” di Uncheck.
Cara Menghapus Histori File Browsing

Pastikan box yang warna merah seperti gambar diatas sudah di uncheck ya 😉

2. Cara Mematikan Iklan dari Mircrosoft

Saat buka file explore di W10 kamu sering liat iklan dari microsoft? mengganggu? tentunya kalau ane pribadi gak suka di laptop atau komputer yang dipake ada iklan, harus bebas iklan! berikut cara matiin iklan bawaan dari microsoft.
  1. Buka menu Change Folder and Search Options
  2. Pada bagian Advanced, uncheck “Show sync provider notifications“.


Jangan lupa tekan tombol Apply terus OK kan, biar apa yang kamu ubah diterapkan oleh Windows 😏 

3. Membuka Ekstra Item pada Sidebar

Gak nemu Folder Recycle Bin dan Control Panel saat buka file explorer di W10? berarti kamu harus baca trik ini.
  1. Buka File Explorer
  2. Klik pada blank space dimana aja pada sidebar
  3. Kemudian pilih Show All Folders

Tarrraaa, maka semua folder pada sidebar akan muncul, termasuk control panel dan recyle bin yang awalnya nggak ada.

4. Cara Merotasi Gambar secara cepat dan tepat

Punya banyak gambar-gambar di komputer yang arahnya gak jelas mana atas mana bawah, kadang harusnya gambar potrait jadi landscape.Tenang sob, menu Rotate sudah include di W10, jadi tinggal dipake aja.

Caranya? pilih gambar yang mau diputar atau rotate, kemudian pada menu manage kamu dapat memutar semau kamu.

Cara Merotasi Gambar secara cepat dan tepat
Pastinya cara ini lebih mudah dibandingkan harus rotate satu persatu kan?

5. Menambah Folder atau File pada Quick Acces

Terkadang ada 1 folder favorit yang selalu kita buka, tapi ternyata file tersebut berada dalam subfolder-subfolder yang jauh didalam, biar cepat, maka letakkan aja di Quick Acces. Caranya?

Menambah Folder pada Quick Acces

Klik kanan pada folder tersebut, terus pilih “Add to Quick Access Toolbar“.

6. Mengembalikan File Explorer saat Logon

Langkah ini cocok bagi kamu yang punya 1 folder favorif yang wajib dibuka saat pertama kali menghidupkan laptop atau komputer.

Mengembalikan File Explorer saat Logon

Saat komputer hidup, maka folder favorit ente bakal langsung kebuka otomatis.

6. Cara supaya File Explorer jadi Smooth 😆

Cara ini rahasia! kamu bisa membuat file explorer pada Windows 10 jadi lebih smooth, kencang, cepat bagai kilat, coba rasakan sendiri. Begini caranya.

Cara supaya File Explorer jadi Smooth

Ulangi cara nomor 2 diatas kemudian checklist Launch folder windows in a separate process dan klik OK.

7. Cara Cepat Mengubah Nama File yang banyak sekaligus

Mengubah nama file kadang menyita banyak waktu, cara yang biasa dipake, klik kanan terus RENAME satu persatu. Berikut cara modern yang wajib ente ketahui biar cepat.

Cara Cepat Mengubah Nama File yang banyak sekaligus
  1. Copy atau Cut semua file yang mau di Rename
  2. Klik F2 untuk Rename file tersebut dan untuk pindah tekan Tab, jangan tekan enter ya, lakukan terus hingga semua file sudah ke Rename
Gimana? udah coba? lebih cepat pastinya.

Mudah-mudahan trik diatas dapat mempercepat kerja ente saat membuka file explorer di Windows 10.

Kamis, 27 Juni 2019

4 Software Gratis (Open Source CMS) Untuk Membuat Forum Modern 2019

Saat ini, tahun 2019 menjadi tahun sosial media, facebook, instagram, twitter, dll, sebagian kita senang menggunakan sosial media karena mudah digunakan (user friendly). Update status, balas komentar, like, semuanya dibuat mudah dan hampir semua kita senang dengan hal simple seperti itu.

Berbeda dengan web forum yang tidak user friendly dalam penggunaannya membuat kita malas untuk lama-lama berada di web forum, kecuali kita memang mencari sesuatu yang sangat kita perlukan dan hanya ada di forum tersebut. Beberapa faktor yang membuat kita malas beraktivitas di forum antara lain
  1. Registrasi Ribet
  2. Kadang ada captcha untuk saling komentar
  3. Tidak user friendly
Nah, saat ini ada beberapa CMS Forum gratisan (Open Source) yang patut di coba karena tampilannya yang simple, user friendly, ringan, modern dan tentunya GRATIS.

1. Discourse | Demo

Menurut saya Discourse tepat berada diurutan nomer 1 karena emang terbaek! Tampilan yang sederhana, simple, ringan, modern banget alias kekinian 😆

Discourse

Discoure menjawab bagaimana seharusnya tampil situs forum saat ini, kamu bisa melihat berbagai fiturnya di web resmi Discourse. Saat ini Discourse sendiri sudah banyak digunakan oleh Forum web berskala besar, contohnya Envato Forum 👍

2. Flarum | Demo

Walaupun baru banget, rasanya forum ini baru dibangun oleh pendirinya 2 tahun silam, dibuat oleh Toby pendiri Esotalk dan kemudian bergabung juga pendiri FluxBB (Franzliedke).

Flarum

Tampilannya sangat simple, yang saya senang dari Flarum tampilannya yang clean dan sangat ringan, software ini hanya 144kb 😀 Fiturnya? silahkan cek di halaman Flarum.

3. NodeBB | Demo

NodeBB, namanya agak aneh, tapi Open Source yang satu ini sangat keren dari segi tampilannya, berbeda dengan Discourse dan Flarum, NodeBB mempunyai komunitas yang banyak mengembangkan Themes-themes keren yang bisa kamu gunakan secara gratis.

NodeBB

Hal yang membuat NodeBB menarik adalah tampilannya yang lebih variatif 👌

4. Vanilla | Demo

Nah yang satu ini bukan susu rasa vanila yak 😁 tapi salah satu Software Open Source untuk membangun website forum. Saya sendiri pernah menggunakan CMS ini waktu mencoba membuat forum online, walaupun belum sukses 😜

Vanilla Forum


Tetapi vanilla ini boleh dicoba, dukungan komunitasnya yang aktif dapat membantu kita dalam mengembangkan forum yang akan kita bangun.

Jumat, 10 Mei 2019

11 Cara Melindungi Konten Blog dari Copy Paste dan Scraper AGC

Cara Melindungi Konten Blog dari Copy Paste dan Scraper AGC

Bloghobi - Pencuri konten sampai saat ini masih menjadi musuh nyata di dunia per-bloggeran. Tak peduli seberapa banyak cara kita melindungi konten dari para copaser dan scrapper, tetap mereka mempunyai cara baru untuk mengambil konten tersebut.

Ada 2 tipe pencuri konten..
  1. Mereka yang mengcopy dan paste secara manual;
  2. Men-scraper URL Feed blog kita, yang ini yang susah di taklukan.
Tapi............
Bagi kamu yang mempunyai blog dengan tulisan original, karya sendiri, menulis capek berjam-jam, harus tetap semangat, tetap berusaha bagaimana cara melindungi konten blog kamu agar tidak di jambret!

1. Mematikan Fungsi Klik Kanan Mouse

Cara ini lumayan ampuh untuk membuat para copaser pemula kebingungan mengcopas konten blog kamu, kok klik kanan mouse gak ada reaksi ya, akhirnya copaser akan mencari blog lain untuk dicuri kontenya 😀

Begini caranya....

1. Masuk ke Layout Template
2. Add Gadget
3. Pilih "Javascript/HTML"
4. Copy + Paste kode berikut :.
<script> var message="Hayo...! Mau copas ya? Boleh, tapi cantumkan sumber!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

Jangan lupa klik Save!

Mematikan klik kanan ini efektif bagi copaser pemula, tetapi bagi copaser tingkat lanjut tentu tidak berpengaruh, karena mereka akan main dengan Control + U (view page soure) melalui browsernya. Untuk itu, kita masuk pada cara alternatif ke-dua.

2. Mematikan Fungsi Control + U (View Page Source)

Nak, kalau cara pertama masih di copas juga, maka lakukan cara kedua ini, maka copaser tidak bisa melihat source tulisan pada blog kamu yang bisa dilihat dengan menekan CONTROL + U pada browser.

Caranya.........

1. Masuk ke Menu Blogger Template
1. Edit HTML
3. Cari kode </head>
4. Copy + Paste kode berikut diatas kode </head>:
<script type="text/javascript">
document.onkeydown = function (cc) {
if(cc.which == 85){
return false;
}
}
</script>

Klik Save!

Cara yang kedua diatas akan membuat bingung copaser yang mencoba copas dengan mengintip source kode tulisan kita dengan menekan Control + U. 😂

3. Membuat Link Sumber Otomatis Saat di Copy Paste

Ini optional saja, ketika ada orang lain yang mengcopas konten tulisan blog kita, maka secara otomatis dibagian akhir kata-kata yang di copy akan muncul tulisan sumber saat di pastekan.

Caranya........
- Cari kode </body> pada desain template kamu
- Pastekan kode berikut tepat diatasnya.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

Kemudian Save!

Untuk contoh, kamu bisa copy tulisan dihalaman ini, kemudian coba paste. Maka muncul tulisan sumber (source).

4. Disable Teks Selection

Cara ini sebenarnya mempunyai fungsi yang sama dengan 3 cara diatas, intinya adalah memproteksi tulisan agar tidak bisa di copas.

Caranya sebagai berikut....
Copy dan pastekan kode dibawah ini tepat diatas kode </body> pada template kamu.
<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;)
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>

Jangan lupa klik save ya.

5. Memberi Watermark Pada Semua Gambar

Nah, cara ini efektif digunakan bagi copaser manual yang mengcopy 100% isi tulisan kamu beserta gambar-gambarnya,  pastikan gambar yang kamu upload sudah diberikan watermark, ini berfungsi saat nantinya kamu mengambil langkah ke-8 (melaporkan blog copas) ke google.

6. Memberi internal link pada setiap artikel

Usahakan dalam setiap tulisan kamu menyisipkan internal link, selain baik untuk seo onpage, hal ini juga berguna bagi copaser yang membabi buta, link-link tersebut lumayan merepotkan mereka untuk menghapusnya. 😄

7. Setting RSS Feed Singkat

Jika copaser tersebut menggunakan aplikasi/tool yang menyedot konten tulisannya kamu, maka pastikan URL Feed blog kamu di setting singkat.

Caranya,...
1. Masuk setelan
2. Lainnya.
3. Setting URL Feed menjadi singkat.

URL Feed Singkat Blogger

Beberapa blogger menyarankan hal ini untuk menghidari konten scraper dan blog AGC

8. Setting Blog Menjadi Privat

Kalau 7 cara diatas masih tidak bisa melindungi konten tulisan-tulisan kamu yang ada di blog, maka cara ini pasti ampuh. Copaser tidak akan bisa mengcopy tulisan kamu, karena mereka gak bisa membuka blog kamu, hanya penulis sendiri yang bisa membaca tulisan yang ada di blog tersebut 😅

Setelan Privasi Blogger

Pastinya blog kamu tidak akan ada pengunjung kecuali kamu sendiri, karena google pun gak bisa mengindeksnya.

Setelan Privasi Blogger

Caranya,,,,
1. Masuk Setelan Dasar
2. Pilih tidak pada opsi tambahkan blog anda pada cantuman kami  dan biarkan mesin pencari menemukan blog anda.
3. Scroll kebawah, pada pilihan pembaca blog pilih Pribadi 

Nah, sudah selesai dengan 8 cara diatas? masih ada cara lain yang bisa dilakukan,.

9. Melaporkan Pada Google dan Pihak Hosting

Jika cara cara diatas (selain cara ke-8) masih tembus, maka laporkan saja ke google disini bagi pengguna blogger atau laporkan ke pihak hosting jika blog yang copas tersebut menggunakan platform Wordpress.

Lapor Plagiarism Google

Laporan belum tentu ditanggapi google sesuai harapan kita. Pastikan kita mempunyai data dukung yang kuat saat laporan, sama seperti lapor polisi, harus ada kronologi, bukti, saksi dll 😁

10. Serang Balik dengan Bomb Klik Adsense

Nah, sebagian besar blog copas dan AGC memasang Adsense di blog mereka, jika kamu tipe orang yang pendendam dan gak relaan, maka bisa menggunakan cara ini, kali aja nanti adsense nya dibanned 😂 dengan klik bomb kamu.

Puas, Puas, Puas!

11. Ikhlas

Terakhir sebagai penutup, kamu menulis dan mempublis tulisan di blog tentunya untuk diketahui, dibaca oleh banyak orang, banyak pengunjung, banyak penghasilan. Tapi, adanya blog copas yang terkadang lebih unggul di mesin pencari google tentu berdampak menurunya penghasilan dari blog kamu sendiri.

Tapi percayalah, rezeki tidak tertukar, Ikhlas sambil berusaha dengan cara-cara diatas adalah ikhtiar terbaik yang bisa kamu lakukan 😉

Jumat, 03 Mei 2019

Situs Kece Anak Muda Kekinian Lokal yang GAGAL

Bloghobi - Siapa yang tidak kenal dengan nyunyu.com beberapa tahun silam, kemudian yaelah.co dan kawan-kawannya yang merupakan situs kece anak muda kekinian yang penuh dengan konten fresh untuk anak-anak muda.

Tapi, kemana situs-situs tersebut kini?

yaelah.co

Situs kece anak muda ini dibuat pada tahun 2015 (melihat dari footer copyright situsnya), tetapi tahun 2019 ini sudah tidak bisa diakses. Ada yang pernah mampir ke situs tersebut? atau langganan baca setiap hari diakses? rindu?

Situs Kece Startup Anak Muda Kekinian Lokal yang GAGAL


Sayangnya situs dengan tagline "Sok tau karena banyak tau" ini sudah hilang ditelan dunia maya. Kamu bisa melihat arsipnya melalui web archive melalui Link ini

nyunyu.com "yang penting gak penting"

Nah, ini yang paling fenomenal karena foundernya para anak muda terkenal di Indonesia, disini ada Arief Muhammad, Raditya Dika dkk sebagai kontributornya. Situs ini awal beroperasi tahun 2012 silam, bertepatan dengan film 2012 😄

Situs Kece Startup Anak Muda Kekinian Lokal yang GAGAL

Situs web kece kekinian ala anak muda ini juga sudah wafat, tidak ada bekasnya, coba kamu akses nyunyu.com pasti nggak bisa 😁 kecuali pakai wayback machine nya web arsip, pasti bisa!

Rindu dengan artikel nyeleneh mereka? buka disini

Teenesia "Dunia Anak Muda Indonesia"

Teenesia, kebanyakan diminati kaum muda karena mereka selalu update konten yang fresh dan lagi trending.

Situs Kece Startup Anak Muda Kekinian Lokal yang GAGAL

Data dari web asrip, eh salah, web arsip, web kece Teenesia mulai mengudara tahun 2015 dan hingga saat ini belum ditemukan alias hilang (mungkin jatuh dilaut kayak pesawat 😂)

Olret.com

Sama, situs kekinian yang sudah punah ini juga mulai bisa diakses tahun 2015, sama seperti teenesia dan nasib naas juga menimpanya setelah hilang dari peredaran dunia maya.

Situs Kece Startup Anak Muda Kekinian Lokal yang GAGAL

Mengadopsi tema "This is my style, Portal Informasi Anak Muda Indonesia" tidak membantu banyak untuk bertahan hidup, mereka juga hilang entah kemana. Olret adalah istilah plesetan anak muda Indonesia yang diambil dari Bahasa Inggris "All rigtht", yang artinya "baiklah" atau "oke deh".

Mengapa situs-situs kece tersebut lenyap....

Kenapa situs-situs dengan trafik yang sudah tinggi seperti list diatas bisa hilang ditelan dunia maya? apakah kurang dana atau pecah kongsi dari foundernya? tidak ada yang tahu, hanya pemiliknya yang tahu situs keren semacam diatas bisa hilang dari peredaran.

"65% dari startup gagal karena alasan tim. Dari situ kita mengetahui bahwa startup harus diberikan bimbingan," Alyssa (Head of Startup Relations Digitaraya).

Kamis, 02 Mei 2019

9 Blogger Template Hanya Teks Tanpa Gambar, Dijamin Fast Loading!

Bloghobi - Bagi kamu yang senang dengan Blogger Template yang memiliki fitur cepat alias Fast Loading, berikut ini akan saya sajikan beberapa template yang sangat cepat, tanpa gambar fitur dan hanya menampilkan teks saja di halam depan (homepage).

Kompi Text Aja Blogger Template

Kompi Text Aja Template memiliki fitur responsive cocok untuk Blog, Review, Personal, dan Tutorials. Template ini sangat SEO. Template ini tampil minimal tanpa gambar.


Fitur Kompi Text Aja Template
  • Fast loading and responsive.
  • Lazy load adsense
  • Lazy load image
  • Fixed header
  • Sticky sidebar.
  • 3 column
  • Ad slots ready.
  • Lazy load Disqus comment.
  • Buttons, spoiler, and responsive table on post page.
  • Lazy load Social share button, and ect.
Template ini dijual secara premium, bagi kamu yang ingin membelinya silahkan menuju halaman pembeliannya.

Preview/preview/button Beli/cart/button

2. Kompi Ajaib AMP HTML V3

Masih dari Kompiajaib, template ini adalah template yang dipakai oleh pembuat template sendiri dengan halaman depan tanpa sidebar.


Fitur Kompi Ajaib AMP HTML V3
  • Template with AMP HTML
  • Grid post on homepage
  • Carousel popular posts
  • Sticky sidebar
  • Disqus comments
  • Related posts
  • Ad slots with parallax ad (and sticky ad on mobile)
  • Sosial share
  • Reaction button
  • URL shortener
  • Author box on sidebar
  • Bootstrap Button on postpage
  • Style image on post
  • Spoiler, style pre code
Template ini juga premium alias berbayar, bagi yang berminat silahkan 😏

Preview/preview/button Beli/cart/button

3. Vamor Blogger Template

Template karya Blogger Wahyu Pratama ini dibagikan secara gratis dengan fitur rasa premium.


Fitur Vamor Template
  • SEO Optimized
  • Responsive Design
  • Ads Optimized
  • Font Awesome Ready
  • Breadcrumb Navigation
  • Auto Readmore
  • Related Posts Widget
  • Share Buttons
  • Fast Loading
  • Custom 404 Page
  • Quick Search Form
  • Multi Comment (Disqus & Blogger)
  • Numbered Page Navigation
  • Footer Link
Vamor merupakan sebuah template blogger yang cocok untuk blog bertipe personal atau blog yang fokus membahas satu topik dengan desain yang simple, minimalis, responsive, clean, dan fast loading.


4. Rayy Blogger Template

Rayy merupakan template dengan desain minimalis, 100% responsive, 2 columns. Sangan cocok untuk writers ataupun personal blog.



Rayy Blogger template dapat kamu download secara gratis, template ini sangat minimalis dengan kecepatan loading yang sangat mantap! dijamin lancar jaya.

5. In SEO Read Responsive Blogger Template

Template ini di desain sesederhana mungkin dengan tetap memperhatikan fitur kekinian, dengan halaman depan tanpa gambar sema sekali.



In Seo Read memiliki fitur fast loading dan elegan tanpa gambar dibagikan secara gratis, kecepatan template ini sangat menakjubkan!

6. Textrim Blogger Template

Textrim merupakan template tanpa gambar karya blogger Igniel yang mengusung teks saja dihalaman depan tanpa gambar untuk memaksimalkan kecepatan loading.


Template yang dibagikan gratis ini sudah mengadopsi blogger layout V3 dan widget V2, multi related post didalam postingan serta responsive.

Preview/preview/button Download/download/button

7. SimpleBT Blogger Template

SimpleBT blogger template free responsive 1 column blogger template sangat cocok untuk personal blogs.

Fitur SimpleBT : Responsive design, Simple related posts widget, Easily customize using template designer, 1 Column blogger template.

Preview/preview/button Download/download/button

8. Kompi Lyrics

Cocok untuk blog lirik lagu yang hanya menampilkan lirik lagu, dibagian postingan dibuat lebih sempit dan 2 sidebar di kiri dan kanan blog. Template ini menyematkan 3 sistem komentar untuk Disqus, Blogger, dan Facebook dengan tab pemilihan komentar menggunakan tab Bootstrap.


Template ini dibagikan secara gratis!

Preview/preview/button Download/download/button

9. Typography

Text Based Minimal Blogger Template dengan tampilan minimalis 1 kolom tanpa sidebar.


Typography dirancang dengan optimasi seo dan fast loading.


Itu dia 9 Blogger template dengan fitur fast loading tanpa gambar dihalaman depan dari berbagai blogger ternama, ada yang diberikan secara gratis dan ada yang premium. Silahkan dicoba sesuai selera.

Rabu, 01 Mei 2019

7+ Situs Penyedia Blogger Template Terbaik Karya Anak Bangsa 2019

Bloghobi -  Hobi saya melihat-lihat demo blogger template terbaru membawa saya pada berbagai situs penyedia template platform blogger, baik secara Internasional maupun lokal Indonesia, khusus kali ini kita akan bahas Situs Penyedia Blogger Template Terbaik Karya Anak Bangsa yang mungkin belum kamu ketahui.


Di Indonesia sendiri, ternyata banyak para blogger yang jago membuat template-template dengan kualitas terbaik, bahkah sangat laku keras dipasaran Internasional. Tidak sedikit diantara mereka yang sukses dengan berjualan Blogger Template di Themeforest, seperti Biyan Pasau, Arlina, anarchyta dan lainnya.

1. Goomsite

Yang pertama kita letakkan Goomsite, karena template-template karya blogger yang satu ini penuh warna dengan tetap mengedepankan Seo Friendly. Bahkan salah satu klien mereka sempat berkata seperti ini,


5 Fitur utama Blogger template buatan Goomsite, yaitu AMP, Responsive, Seo Friendly, Adsense Optimized dan Fast Loading. Goomsite merupakan situs penyedia template Basri Matindas yang berasal dari Makassar (berdasarkan FB dari Basri Matindas).

2. Heybi

Biyan Pasau, blogger asal Sulawesi ini dulunya adalah pemilik situs penyedia Blogger Template premium dan gratis dengan alamat Dzignine yang hilang entah kemana. Beliau juga aktif berjualan template di Themeforest.

Blogger Template karya beliau yang sangat terkenal saat itu (sekitar tahun 2015 an) dengan nama Sandal Jepit Blogger Template dengan penjualan yang sangat laku keras di Themeforest.


Saat ini, Biyan Pasau kembali berkarya di situsnya Heybi.com dengan berbagai Blogger Template terbarunya yang mempunyai ciri Clean dan minimal design yang sangat cocok untuk personal blog.

3. Idntheme

Idntheme merupakan situs milik Arlina, seorang blogger cewek yang awalnya hanya menulis blog yang berisikan tutorial blogspot, widget blogger di blog pribadinya arlinadzgn.


Kemudian Arlina membuat sebuah template yang sangat terkenal waktu itu dengan nama Minima Colored kalau tidak salah, berawal dari situ kemudian Arlina banyak membuat template-template terbaru yang akhirnya sangat banyak diminati kalangan blogger, baik dari kalangan mancanegara maupun lokal Indonesia yang di publis di Idntheme.

4. Themeindie

Pertama sekali saya nyasar kesini karena berkunjung ke blog pemilik Themeindie sendiri, yaitu Bung Franky (https://www.bungfrangki.com/) yang blognya berisi tentang turorial blogger, tips dan trik, kustomasi template dan hal-hal baru yang berhubungan dengan blogger.


Blogger Template gratis saat itu yang sangat fenomenal karya dari Bung Franky adalah Blogger Template VlettersAMP sampai akhirnya beliau menciptakan banyak Blogger Template keren lainnya yang di uploadnya ke Themeindie.

5. Template Kompiajaib

Sama hal seperti Arlina, Bung Franky, Mas Adhy Suryadi pemilik Kompiajaib awalnya hanya menulis di blognya (kompiajaib.com) hal-hal yang berhubungan dengan berbagai tips dan trik ngeblog, membuat berbagai widget blog, optimasi kecepatan blog dan akhirnya Mas Adhy membuat beberapa template gratis saat itu, diantaranya Kompi Males, Kompi Centil hingga Kompi Default dll, yang dibagikan secara garis di blognya.


Dikarenakan peminat template yang dibuat oleh Mas Adhy Suryadi sangat banyak, sehingga beliau membuat beberapa blogger template versi premium yang saat ini Mas Adhy terus menghasilkan karya Blogger Template dengan fitur andalan seo friendly dan fast loading, pengen tahu koleksinya? silahkan mampir ke Template Kompiajaib.

6. Contohblog

Nama blognya agak aneh, contohblog 😅, tetapi isinya full dengan konten berkualitas berkaitan dengan tips dan trik blogger. Kerangka dasar template buatan Contohblog awalnya dari Template-template buatan Maskolis (maskolis.com) yang saat ini entah kemana perginya.


Saya tidak tahu pasti siapa dibalik contohblog, yang jelas karya-karya Blogger Template buatanya diklaim Seo Friendly, Fast Loading dan ciri utamanya kebanyakan bertema Magazine. Kunjungi galeri Template Karya Contohblog.

7. Oketemplate

Bagi kamu yang akan membuat situs jualan online menggunakan platform blogger, maka oketemplate menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan. Boleh dikatakan mereka spesialis Online Shop Blogger Template Indonesia.


Oketemplate menyediakan berbagai template blogger khusus untuk toko online, sedang membangun toko online menggunakan blogger? coba template dari Oketemplate.

Masih Banyak Situs Blogger Template Lainnya...

Terus terang masih banyak situs-situs penyedia blogger template lainnya yang merupakan karya blogger Indonesia, seperti Mas Sugeng (sugeng.id), xmltemplate (id.xmlthemes.com), Bams (templates.bamz.co.id), Rian Seo (rianseo.com), Idblanter (idblanter.com), Namina Kiky (naminakiky.com), tetapi koleksi mereka tidak sebanyak yang di listkan diatas sehingga tidak saya bahas dengan detail 😊